0

Banyak orang menganalogikan penderitaan atau rasa sakit hati dengan semut. “Kalau diinjak terus, semut pun bisa menggigit”. Gigitan semut mungkin saja tak separah gigitan ular berbisa, tetapi cukup membuat kita kesakitan. Di balik badannya yang kecil, semut memiliki kekuatan dan kecerdasan yang hebat. Ia bisa mengangkat beban melebihi berat tubuhnya sendiri, bisa bekerja sama dan berbagi secara intens dengan sesamanya, tanpa merasa kekurangan. Sebuah pembelajaran prinsipil dan filosofis dari makhluk yang mungkin sering kita abaikan keberadaannya.
Dalam dongeng binatang, semut selalu bisa mengalahkan gajah yang ukuran tubuhnya beratus kali lipat besar tubuhnya. Ini menandakan adanya kekuatan psikis yang bisa mengalahkan kekuatan fisik. Dongeng bukan sekedar dongeng, karena jika kita perhatikan dalam kehidupan nyata, kekuatan semut itu memang ada dan bisa kita rasakan. Semut mungkin bukan tipe makhluk yang manja dan pemilih. Bila dipersonifikasi, ia termasuk kelompok yang berjiwa sosial tinggi. Senantiasa berbagi sekecil apapun rezeki yang didapat, pantang menyerah dalam mencari rezeki sekalipun harus bertaruh nyawa, bersikap ramah terhadap sesama, serta selalu bekerja sama dalam mengerjakan sesuatu. Prinsip hidup yang luar biasa. Mengajarkan kita tentang pentingnya teknik survival, interaksi sosial dan strategi dalam memanage hubungan sosial.
Harus kita akui bahwa lingkungan sosial cukup berperan dalam menstimulasi tumbuhnya motivasi, self determination dan self reliance sebagai pengakuan dasar dalam kehidupan manusia. Dalam mencapai sebuah tujuan atau kesuksesan, dukungan orang-orang terdekat serta jalinan kerja sama dengan orang-orang yang dapat dipercaya membuat jalan yang ditempuh terasa lebih ringan dan hasil yang dicapai terasa lebih nikmat. Dorongan motivasi melalui dukungan orang terdekat, biasanya lebih memantapkan langkah dalam mencapai tujuan dan menjadi obat yang cukup memulihkan di saat mengalami kegagalan. Artinya, kekuatan niat akan lebih membulatkan tekad jika dukungan sosial mengelilingi kita. Kerja sama yang dibangun merupakan cara yang cukup efektif untuk lebih mendekatkan diri kepada tujuan yang akan dicapai.

Posting Komentar

 
Top