0

Salam Petualang, Salam Lestari.....


Gua mau cerita sedikit pengalaman yang cukup pantas untuk diceritakan, iyaaa Menuju Puncak Rinjani bukan cuman kaki yang diperlukan atau bukan fisik yang di andalkan dan banyak tantangan bukan untuk ditaklukkan tapi untuk disatukan dengan hati.


Perjalanan gua dimulai pada tanggal 8 Oktober 2013 Jam 13.00 dari Stasiun Senen, Jakarta dengan kereta ekonomi Ac menuju Jogjakarta. Perjalanan ditempuh sekitar 10 jam dan tepat pukul 11.00 malam tiba di stasiun lempuyangan, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju banyuwangi dengan kereta berbeda, jam 07.00 pagi saya berangkat dan sampai di Banyuwangi sekitar jam 8 malam. dari stasiun banyuwangi baru jalan kaki sekitar 15 menit menuju kapal yang menyebrang ke Bali di pelabuhan Ketapang, penyebrangan ke Bali ditempuh dengan waktu 45 menit.


Di ujung barat Bali pelabuhan itu namanya Kili Manuk, dari situ saya naik bus menuju Bali daerah Timur yaitu pelabuhan Padang Bai dan Waktu di tempuh sekitar 5 jam. Dari pelabuhan Padang Bai menyebrang kembali dengan kapal sekitar 5 jam menuju Lombok. Dari pelabuhan lombok menuju Kaki Gunung Rinjani yaitu Bascamp Sembalun sekitar 3 Jam dengan mobil. 


Pos Sembalun biasa digunakan untuk naik, Nahh sekarang semua dimulai dengan melangkah.
Ooh yaaa, Persyaratan dari pos sembalun yaitu Foto Copy KTP, dan Surat Kesehatan. Biaya Pendaftaran hanya Rp. 25.000. 



Pendakian dimulai sekitar jam 7 pagi, dan ingat kamu bisa beli sayuran disekitar warga pos sembalun untuk Logistik makan hari pertama ngecamp. dari pos sembalun menuju Pos 1 sekitar 4 jam dengan jalur yang landai.


dari pos 1 manuju pos 2 sekitar 1,5 jam, naaah di pos 2 inilah baru ada sumber air yang bisa di gunakan untuk minum, dan ingat kawan dari pos sembalun kamu harus membawa air yang banyk untuk kebuthan minum karena jalur smpai pos 3 sangat terik matahari.



dari pos 2 menuju pos 3 waktu tempuh sekitar 3 jam dengan jalur naik bukan landai seperti ke pos 2. Biasanya di pos 3 inilah tempat kita bisa ngecamp dan besok pagi perjalanan bisa dilanjutkan menuju Camp Pelawangan.

Pos 2


Dari Pos 3 menuju Camp Pelawangan bisa ditempuh dengan waktu 8 sampai 10 jam. Jalur ini biasa dikenal dengan bukit penyesalan, kenapa penyesalan ? karena bukit ini sangat panjang. dan camp pelawangan adalah camp terakhir sebelum menuju summit puncak Rinjani.



Camp Plawangan

Untuk Menuju Summit Rinjani kita melakukan perjalanan tanpa membawa cerrier dan waktu pendakian dimulai jam 12 malam, tujuannya adalah untuk mendapatkan Sunrise di Puncak karena perjalanan sampai puncak top adalah 6 sampai 7 jam. disepanjang perjalanan pulang dari summit danau sagara anak terlihat indah sekali, semua keindahan itu membawa niat untuk kembali ke Rinjani ini.


Semalem di camp plawangan dan siangnya kita brangkat turun melalui jalur yang menuju ke danau segara anak, dan keindahannya membuat kita membuka tenda untuk 2 malam kedepan. di danau itu ditengahnya terdapat anak dari gunung Rinjani yaitu baru jadi. Dan di daerah ini terdapat pemandian air panas yang air dari belerang, iih gila enak banget enggak. Belum seru kalau kamu ke danau segara anak tidak menikmati mancing dan ikannya yang lezat untuk dibakar.

Dari danau segara anak kamu bisa turun melalui berbagai jalur, ada jalur Senaru jalur ini sangat panjang, tapi kalo jalur torean atau pengadungan bisa ditempuh sekitar 8 jam tapi dengan jalur extreme. 

Mungkin sampai disini bisa saya ceritakan, dan selamat mencoba.





Posting Komentar

 
Top